Ustaz Rafly Sampaikan Pentingnya Nilai Agama Dalam Acara Seni Budaya Masyarakat Makassar

Dewan Da’wah News, Gowa – Ustaz Rafly Assiddqqy, S.Sos adalah alumni STID Mohammad Natsir yang diutus oleh Dewan Da’wah ke daerah Gowa, Sulawesi Selatan.

Ustaz Rafly hadir dalam acara Seni Budaya Makassar di The Hasyims Museum, Ds Sokkolia, kelurahan Bonto Bontoa,  Kec Bontomarannu, Kab Gowa Sulsel pada Senin 21 September 2020.

Dia menyampaikan pentingya budaya yang dibingkai dengan nilai-nilai agama.

“Sehingga apa yang menjadi kebiasaan di masyarakat ada nilai agamanya, syukur syukur jadi pahala. Di acara itu juga saya sampaikan bahwa Islam tidak melarang keberadaan budaya setempat jika ma’ruf (baik) lalu yang memiliki kemaslahatan bersama, apalagi untuk menjaga kesatuan ummat,” ucapnya saat dikonfirmasi pada Selasa (22/9).

Dalam kesempatan yang sama, ditunjuk pula ketua forum adat nasional yang baru. Adapun ketua Forum Adat Sulsel dipimpin oleh Dr. Ir. Hasan Hasyim, M.Si.

Para tetamu yang diundang hadir di antaranya Staf Ahli Gubernur Sulawesi Selatan Prof. Dr. Muhammad Asdar dan jajaran pemerintahan Pemprov Sulsel.

Dalam sambutannya Asdar berpesan tujuan memelihara adat setempat adalah untuk menguatkan persatuan negara dan identitas bangsa.

“Kami sangat mendukung penuh acara ini, karena terkait dengan menguatkan kembali budaya luhur di indonesia untuk NKRI terjaga, dan juga keselarasan dengan kaum muslimin, dua duanya harus bisa seiring dan saling mendukung,” katanya.

Hingga acara usai, seluruh peserta acara yang diselenggarakan oleh Forum Silaturrahim Adat Sulawesi Selatan itu bertujuan untuk merevitalisasi budaya luhur yang mulai hilang, khususnya di kalangan pemuda.[Tamam/DDN]

Keterangan Foto: Forum diskusi yang diselenggarakan oleh Forum Silaturrahim Adat Sulawesi Selatan di The Hasyims Museum, Ds Sokkolia, kelurahan Bonto Bontoa, Kec Bontomarannu, Kab Gowa Sulsel pada Senin 21 September 2020 (Foto: Tamam/DDN).