Serial Kisah Dakwah Pedalaman di Acara Televisi

Dewan Da’wah News – Umat Islam di Indonesia tergabung ke berbagai organisasi dan dari masing-masing organisasi itulah mereka saling melengkapi satu sama lain. Ada yang fokus di pendidikan, ekonomi, politik, sosial dan lain-lain.

Dewan Da’wah sendiri dari sekian misinya memiliki tugas khusus yang belum banyak dilirik oleh organisasi Islam lainnya, yaitu dakwah di daerah pedalaman.

Tidak hanya daerah pedalaman, Dewan Da’wah turut mengutus pendakwahnya ke daerah kepulauan, daerah terpencil, daerah terdampak kristenisasi, daerah perbatasan negara dan daerah lainnya yang dikira dibutuhkan juru dakwah.

Banyak kisah yang dapat diambil dari para dai yang dikirim, ada yang sedih, lucu, emosi dan bahagia.

Kisah-kisah tersebut segelintirnya telah tertuang dalam tayangan berserial di saluran TvOne. Dalam serial yang berjudul “Menggapai Ridho Allah, Kisah Perjalanan Para Da’i” menayangkan sejumlah episode kisah para juru dakwah Dewan Da’wah di pedalaman.

Tayangan tersebut ditayangkan per episode pada bulan Ramadhan tahun 2015.

Lalu pada Juli 2020, tayangan kisah dakwah da’i Dewan Da’wah pedalaman kembali diliput oleh televisi nasiona, TVRI. Daerah yang diliput di Batangkaluku, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

Ustaz Rafly As-Siddiqy adalah salah satu da’i Dewan Da’wah yang diutus ke daerah tersebut.

Dalam tayangan tersebut, Ust Rafly mengenalkan budaya sedekah beras yang biasa dilakukan Suku Bugis. Menurutnya, budaya baik tersebut sangat dibutuhkan terlebih di tengah ancaman pandemi Covid-19 ini.[]

Editor: Tamam.