Penguburan Jenazah Positif COVID-19 di Tobelo, Dai Dewan Da’wah Bantu Tim Gugus Tugas

Dewan Da’wah News, Tobelo – Keberadaan relawan dalam meminimalisir wabah virus corona sangat dibutuhkan di berbagai daerah, khusunya bagi mereka kaum muda sebab imunnya sudah terlatih dan kuat.

Ustaz Muhammad Hasbullah Labadu adalah dai muda Dewan Da’wah yang diutus ke daerah Tobelo, Halmaehra Utara, Maluku Utara. Berikut ini hasil wawancara Tim Humas Dewan Da’wah dengan Ust Hasbullah.

Sebelumnya, Ust Hasbullah diminta oleh Ketua Dewan Da’wah Halmahera Utara, Ustaz Mistam Djafar untuk membantu penguburan jenazah yang dikonfirmasi positif corona. Kabarnya, pasien tersebut beragama Islam sedangkan mayoritas Tim Gugus Covid-19 daerah tersebut beragama Nasrani Informasi itu Ust Mistam terima dari istrinya yang kebetulan masuk dalam barisan Gugus Tugas Penanganan Covid di Tobelo. Singkat cerita Ust Hasbullah meniyakan ajakan tersebut.

Pelaksanaan penguburan dimulai pada Kamis 18 Juni 2020 Pemakaman Kali Pitu, Tobelo. Dengan memakai pakaian APD (Alat Pelindung Diri) dan pelaksanaan sesuai standar protap covid-19, Ust Hasbullah membantu Tim Gugus Tugas Covid-19 demi kelancaran prosesi penguburan.

Di akhir wawancara, Ust hasbullah berpesan untuk takut kepada Allah mendoakan pasien yang meninggal akibat virus corona.

“Kepada kaum muslimin di manapun anda berada agar jangan takut sama virus (corona) ini, mereka adalah ciptaan Allah yang takutnya cuma sama Allah. Kita sebagai hamba-Nya harusnya takut kepada Allah bukan ke corona, tentu tanpa mengurangi kewaspadaan. Saya juga mendoakan semoga semua pasien positif corona segera disembuhkan dan yang sudah meninggal diakhir dengan husnul khatimah. Aamin,” ucapnya saat dihubungi.[tamam/DDN]