Pelantikan Pimpinan Unit Pendidikan Dewan Da'wah Islamiyah Indonesia Periode 2019-2022

Dewan Da’wah News, Jakarta – Berlangsung di Ruang Rapat Lt. 2, Gedung Menara Dakwah, Ketua Bidang Pendidikan Dewan Da’wah Pusat, Dr. Imam Zamroji, MA, siang tadi (Rabu, 29 Januari 2020/4 Jumadil Akhir 1441H), melantik para Pimpinan Unit Kerja di Bidang Pendidikan. 

Para Pimpinan yang dilantik akan bekerja untuk periode kepengurusan 2019-2022, masing-masing untuk posisi Pimpinan Raudhathul Athfal (Taman Pendidikan Anak),  SD Dewan Da’wah, SMP Dewan Da’wah, SMA Dewan Da’wah, Pimpinan STID M. Natsir, Pesantren Dewan Da’wah di Sukabumi, dan Pimpinan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dewan Da’wah.

Pelantikan diawali dengan penyerahan Surat Keputusan Pengangkatan Kepala dan Tim Manajemen Sekolah yang diberikan kepada masing-masing pimpinan, dilanjutkan dengan pembacaan “Ikrar Pelantikan Pimpinan Unit Pendidikan”.

Menurut Ust. Imam Zamrozi, “Kegiatan ini (pelantikan – Red) merupakan awal dari sentralisasi, berkait dengan pembinaan dan pelatihan tenaga pendidikan, utk mewujudkan visi Dewan Da’wah dan melaksanakan misi-misinya di bidang Pendidikan,” ujar Ust. Imam Zamrozi memberi pengantar. Ditambahkannya,  sentralisasi ini juga berkaitan dg sistem rotasi jabatan, dari satu unit ke unit lain, dan tidak menutup kemungkinan ada promosi didalamnya.

“Hal yang penting untuk diketahui bersama, sesuai dengan arahan dari hasil Rakornas Dewan Da’wah di Yogyakarta di awal Januari lalu, kita menyepakati perubahan-perubahan dan penyesuaian nomenklatur yang menegaskan nama Dewan Da’wah didalamnya, sehingga nomenklatur di semua level pendidikan, mulai dari Raudhathul Athfal hingga SMA dan Pesantren, menggunakan nama “Dewan Da’wah”, kecuali nomenklatur STID M. Natsir yang tidak berubah,” terang Ust. Imam Zamrozi.

Wakil Ketua Umum Dewan Da’wah Bidang Pendidikan, Dr. Mohammad Noer Kertapati, menyambut gembira keputusan Rakornas yang mengarahkan pada perubahan  nomenklatur di seluruh tingkat pendidikan. Namun demikian ia menjelaskan, “Membangun sistem bukan suatu pekerjaan mudah, tetapi tetap saja sistem itu harus dibangun, sehingga kalau ada kekurangan-kekurangan bisa di revisi sambil berjalan dengan perbaikan-perbaikan seperlunya. Tidak bisa langsung sempurna”.  Hal ini menurutnya, perlu dipahami dan didukung oleh masing-masing Pimpinan Unit Kerja Bidang Pendidikan.

Beranjak ke sesi Tausiyah, Wakil Ketua Umum Dewan Da’wah Bidang Luar Negeri, KH. Abdul Wahid Alwi, MA, menyampaikan, “Atas pelantikan ini, saya mengatakan “mabruk” saja, tetapi saya ingin mengatakan “Alf-alf  mabruk”, yang artinya semoga kegiatan ini diberkahi Allah dengan berjuta-juta keberkahan. Semoga keberkahan Illahi senantiasa tertuju kepada kita semua,” ujar KH. Abdul Wahid Alwi, MA, mengawali Tausiyahnya.

KH. Abdul Wahid Alwi teringat sejarah diperolehnya tanah wakaf di Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Dewan Da’wah Tambun, Bekasi yang didanai oleh Ibu Wadhhah Abdurrahman Al Bahr. Sambil terisak, Ust. Abdul Wahid mengatakan, sebelumnya sudah mencari informasi tentang keberadaan beliau. “Namun hingga saat ini kami belum mengetahui lagi, apakah ibu Wadhhah yang mewakafkan tanah tersebut masih hidup atau sudah meninggal, namun Insya Allah pahala wakaf terus mengalir untuk beliau,” ujar Ust. Abdul Wahid Alwi mendoakan.

Para Pimpinan Unit Terpilih

Berdasarkan Surat Keputusan Pengangkatan, berikut adalah nama-nama Pimpinan Unit Pendidikan terpilih:

Pimpinan Raudhathul Athfal (RA) Dewan Da’wah

1.         Rina Risnawati – Kepala RA

2.         Ika Setyorini, A.Md. – Wakil Kepala RA

Pimpinan SD Dewan Da’wah

3.         Deni Wahyudin, S.Sos.I – Kepala Sekolah

4.         Imam Saridho, S.Sos.I – Kepala TU

5.         Euis Ida Marliantin, S.Pd.I – Wakil Kepala Sekolah

6.         Tri Artati, S. Pd.I – Wakil Kepala Sekolah

Pimpinan SMP Dewan Da’wah

7.         Agung Aditya Subhan, M.Pd – Kepala Sekolah

8.         Yogi Hendra Kusnendar, S.Sos.I – Kepala TU

9.         Agus Ramdan, M.Pd. – Wakil Kepala Sekolah

10.       Muhammad Husein, S.Kom.I – Wakil Kepala Sekolah

Pimpinan SMA Dewan Da’wah

11.       Heru, S.Sos. – Kepala Sekolah

12.       Anjar Kuncoro, M.Pd – Wakil Kepala Sekolah

13.       Sanamuddin, S.Pd.I – Wakil Kepala Sekolah

Pimpinan STID Mohammad Natsir

1.         Dr. Dwi Budiman Assiroji, M.Pd.I   –  Ketua

2.         Imam Taufik Alkhotob, M.Pd.I – Wakil Ketua Bidang Akademik

3.         Dr. Ujang Habibi, M.Pd.I – Wakil Ketua Bidang Adm & Keuangan

4.         Aan Handriyani, M.Ag. – Wakil Ketua Bidang Kesiswaan

Pimpinan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Dewan Da’wah

1.         Arief Rahman Fadli, Lc. M.S.I. – Ketua

2.         Nurullah Amin, S.Sos – Sekretaris

3.         Mu’min Sholeh, M.Kom – Bendahara

4.         Dani Prasetyo Mukti, M.Pd – Koordinator Kesetaraan Putera

5.         Ana Uli Maghfiroh, S.Sos. – Koordinator Keseteraan Puteri

*Pimpinan Pesantren Dewan Da’wah (Sukabumi) *

1.         Mifathul Ilmi, S.Kom  –  Mudir

2.         Irwan Maulana, M.Kom –  Wakil Mudir

Dalam Pelantikan Pimpinan Unit Pendidikan Dewan Da’wah ini, mendampingi Dr. Imam Zamrozi, MA, antara lain Sekretaris Umum Dewan Da’wah Drs. Avid Solihin, MM serta Bendahara Umum Dewan Da’wah Pusat Drs. Edy Setiawan. Sedangkan Ir. Nizam, MK dari Bidang Pendidikan Dewan Da’wah Pusat bertindak membacakan Surat Keputusan Pimpinan Unit Pendidikan terpilih.

Reporter: Yudhi

Editor: Tamam