Diklat Tingkat Dasar Angkatan I Bidang Pendidikan

Dewan Da’wah News, Bekasi (21/08/2020) – Penyiapan SDM yang memiliki kompetensi dan pemahaman terhadap khithah da’wah Dewan Da’wah dalam ranah pendidikan merupakan sebuah upaya sistematis dalam mewujudkan keberhasilan proses belajar mengajar yang selaras dengan harapan, cita-cita dan ideologi pendidikan Dewan Da’wah. Tersedianya SDM yang unggul merupakan manifestasi dari komitmen Bidang Pendidikan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia untuk memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas prima terhadap ummat; sebuah gugusan kecil dari gagasan dan narasi besar Dewan Da’wah dalam upaya menyelamatkan dan membangun Indonesia dengan da’wah.

Atas dasar pemikiran di atas, maka pembinaan SDM di lingkungan Bidang Pendidikan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Pusat yang berjenjang dan berkesinambungan menjadi sesuatu kebutuhan yang sangat urgen dan tak terelakan. Sedemikian pentingnya penyiapan SDM yang berkualitas dalam hal ini Pendidik dan Tenaga Kependidikan telah dituangkan dalam Undang–Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen yang di dalamnya mengamanatkan adanya pembinaan dan pengembangan profesi Guru sebagai aktualisasi dari profesinya sebagai Pendidik.

Untuk merealisasikan komitmen sebagaimana dimaksud di atas, pada 20 – 21 Agustus 2020 M./ 1 – 2 Muharram 1442 H. pukul 07.00 – 15.30 WIB. bertempat di Kampus STID Mohammad Natsir Lantai II Kompek Pusdiklat Dewan Da’wah Tambun – Bekasi Bidang Pendidikan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Pusat melalui Biro SDM melaksanakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Tingkat Dasar Angkatan 1 bagi 31 (tiga puluh satu) orang calon pegawai tetap yang terdiri dari 14 orang pegawai SD Dewan Da’wah, 15 orang pegawai SMP Dewan Da’wah dan 2 orang pegawai SMA Dewan Da’wah.

Kegiatan Diklat diarahkan pada Pengenalan Wajah dan Wijhah Dewan Da’wah yang mencakup materi 3 (tiga) materi utama yaitu: Profil Dewan Da’wah, Tokoh Pendiri dan Pemimpin Dewan Da’wah dan Khitthah Dewan Da’wah dalam bidang pendidikan. Materi pertama dan kedua masing-masing disampaikan oleh Ustadz Avid Sholihin, MM (Sekretaris Umum Dewan Da’wah) dan Ustadz Dr. Mohammad Noer (Waketum PDK). Adapun materi ketiga disampaikan secara panjang lebar oleh Ustadz Abdul Wahid Alwi, MA (Waketum Dewan Da’wah).

Hadir via Zoom, sekaligus bertindak sebagai keynote speaker Ketua Umum Dewan Da’wah, Ustadz Drs. Mohammad Siddik, MA. yang memberikan kata pengantar, harapan dan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini. Acara itu sendiri dibuka secara langsung oleh Ketua Bidang Pendidikan, Dr. Imam Zamroji, MA. yang sekaligus menemani para peserta pada sesi diskusi kelompok dan pendalaman materi..

Pada sambutannya, Dr. Imam Zamroji, MA menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan ini selain untuk mempersiapkan SDM unggul di Bidang Pendidikan sebagai ikhtiar sederhana menunaikan komitmen Bidang Pendidikan dalam memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas kepada ummat juga sebagai konsekuensi dari telah bergulirnya program sentralisasi pengelolaan pendidikan di Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Pusat yang oleh karenanya peningkatan dan pengembangan kompetensi SDM yang ada di seluruh unit pendidikan menjadi tanggung jawab Bidang Pendidikan. Karena itu, kegiatan Diklat Tingkat Dasar Angkatan 1 ini merupakan langkah awal yang akan ditindaklanjuti dengan kegiatan Diklat-Diklat berikutnya secara bertahap dan berjenjang.

Kegiatan Diklat dilaksanakan menggunakan pendekatan training dengan menerapkan metode diskusi, ceramah, dan penugasan untuk menguasai materi pembelajaran secara tuntas. Harapannya seluruh SDM di Bidang Pendidikan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Pusat memiliki pemahaman yang sama tentang khitthah da’wah Dewan Da’wah dalam bidang pendidikan sehingga diharapkan terjadinya harmonisasi antara harapan, cita-cita dan ideologi pendidikan Dewan Da’wah dengan pelaksanaan proses belajar mengajar yang dilaksanakan oleh seluruh unit pendidikan.

Setelah dilaksanakan selama 2 (dua) hari penuh, tepat pada pukul 15.00 WIB acara Diklat Tingkat Dasar Angkatan 1 ditutup oleh Ustadz Ir. M. Nizham Hassan, MM selaku Kepala Biro SDM sekaligus ketua panitia pelaksana. Dan berdasarkan hasil penilaian, seluruh peserta dinyatakan lulus dengan mendapatkan sertifikat yang oleh karenanya telah layak untuk diangkat sebagai pegawai tetap Bidang Pendidikan Dewan Da’wah Islamiyah Indonesia Pusat.

Pada hari terakhir juga diumumkan 3 (tiga) orang peserta terbaik antara lain: Misbahudin, S.Pd.I, Mukamilah, A.Md. (SMP Dewan Da’wah) dan Desmon Irwan Sasono, A.Md. (SD Dewan Da’wah). Kepada para peserta terbaik diberikan apresiasi alakadarnya berupa voucher belanja di Minimarket Sahabat Ummat.

Selamat kepada seluruh peserta dan sampai berjumpa lagi di kegiatan Diklat-Diklat berikutnya. In sya Allah.

Editor: Tamam.